Biografi Achmad Zaky CEO Bukalapak Orang Berpengaruh di Asia


Biografi Achmad Zaky CEO Bukalapak Orang Berpengaruh di Asia. Perkembangan sebuah teknologi yang semakin maju membuat internet menjadi salah kebutuhan manusia yang sudah sangat sulit ditinggalkan. Internet juga telah menjadi media utama yang memudahkan didalam kehidupan manusia modern.

Berbagai dalam hal kini juga bisa diakses secara online melalui jaringa internet, termasuk dalam beberapa hal jual maupun beli atau ecommerce yang juga sedang menjadi trend di mata masyarakat Indonesia. Bukalapak juga menjadi salah situs jual beli yang fenomenal yang sedang melejit diantara beberapa banyak situs ecommerce yang ada di Indonesia.

Achmad Zaky, yang dikenal sebagai seorang pendiri situs bukalapak ini telah menceritakan perjalanan panjang yang telah dilalui dengan para perjuangan dan kerja keras hingga dia berhasil menuju ke suatu titik sukses dan telah menjadi salah satu pembisnis yang sangat disegani di Indonesia.  Bukalapak juga telah menjelma menjadi e-commerce yang sangat diperhitungkan. Kini website tersebut juga telah mampu mulai bersaing dengan berbagai situs jual online lain yang muncul terlebih dahulu.

Latar Belakang Akademis Achmad Zacky

Achmad Zaky dilahirkan di Sragen, Jawa Tengah, pada tanggal 24 Agustus 1986. Bakatnya dalam dunia informatika mulai muncul pada jenjang pendidikan yang membawanya hingga pada titik seperti sekarang telah dimulai sejak kecil. Ketertarikannya pada komputer juga sangat menginspirasi bahkan telah muncul saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar.

Pamannya sendiri juga memiliki andil dalam perkenalannya dengan dunia komputer, dimana beliau juga sering memberikan buku-buku pedoman mengenai komputer kepada Achmad Zaky. Pada tahun 1997 ia juga sudah mulai mengenal pemrograman komputer dari berbagai buku pedoman yang telah menjadi temannya. Kecerdasan Achmad Zaky tak terbantahkan. Ia tumbuh menjadi pribadi yang memiliki otak sangat cemerlang.

Pada saat duduk di bangku sekolah menengah atas di SMAN 1 di kota Solo, ia menjadi salah satu wakil sekolahnya yang berkesempatan mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dalam bidang komputer dan menjadi juara hingga tingkat nasional.

Kecerdasannya juga sangat membawanya dan bisa diterima di kampus ternama yang ada di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung sejak tahun 2004. Ia mulia mengambil jurusan Teknik Informatika dan memiliki riwayat akademik yang sangat luar biasa dan berhasil meraih IP 4.00 pada semester awal.


Biografi Achmad Zacky terkait dengan prestasi terlihat dari berbagai kegiatan kampus yang diikuti. Ia bahkan menjadi salah satu penggagas telah berdirinya beberapa organisasi yang diakui di kampus diantaranya adalah Entrepreneur Club ITB, ShARE Global Student Think-Tank dan kemudian dikenal dengan sebutan Technoentrepreneur Club (TEC) ITB.

Segudang prestasi lain juga diperoleh saat masih berkuliah di ITB seperti juara II Indosat Wireless Innovation Contest, menyabet Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards).

Ia kemudian juga mendapatkan kesempatan untuk melakuan studi di Oregon State University melalui jalur beasiswa dari pemerintahan Amerika Serikat dan menjadi salah satu mahasiswa perwakilan ITB di Harvard National Model United Nations.

Ia menikah dengan wanita cantik bernama Diajeng Lestari dan telah memiliki anak yang bernama Laiqa Anzani. Achmad Zaky juga sering membantu istrinya dalam mengembangkan usahanya dalam bidang toko online pakain busana muslimah yang dia diberi nama dengan sebutan hijup.com.

Perjalanan Achmad Zacky Sang Pendiri Bukalapak


Achmad Zacky juga memang dikenal memiliki kepintaran yang tidak akan perlu dipertanyakan lagi. Sederet beberapa prestasi akademik yang menjadi buktinya. Saat lulus ia dari ITB, Zacky pun memulai karir profesional dengan mendirikan salah satu bisnis konsultasi di bidang teknologi komputer.

Ia telah menjalankan bisnis dengan menangani beberapa pembangunan sistem IT yang ada di perusahaan-perusahaan besar di Negara republik Indonesia. Selain itu, ia juga pernah mengerjakan salah satu proyek pembuatan software yang di kenal spesial untuk menghitung cepat hasil perolehan suara dalam Pemilu (quickcount) dari sebuah stasiun di televisi swasta.

Terdorong dari beberapa keinginannya untuk membangun sebuah usaha yang bisa memberikan manfaat banyak dan yang lebih besar bagi masyarakat indonesia, ia juga meraih impiannya mendirikan sebuah situs yang merupakan marketplace, e-commerce dan Startup yang sangat terkenal saat ini di tanah air Indonesia dengan situs yang bernama Bukalapak di tahun 2010.

Bukalapak adalah situs belanja online yang mendapatkan diakses secara gratis bagi sipengguna dan digunakan sebagai media untuk mempertemukan antara sipenjual dan sipembeli. Tujuannya dari didirikannya Bukalapak merupakan sangat mulia, yaitu untuk memajukan dan mengembangkan usaha dari para pengusaha Kecil dan Mengenah (UKM) di Indonesia melalui media internet. Hingga saat ini situs buka Bukalapak terus berkembang dan semakin berkembang dari kualifikasinya secara pesat dengan nilai transaksi yang mencapai 1 trilyun di tahun 2014.

Hal ini menjadikan situs Bukalapak menjadi salah satu situs jual online ecommerce ternama dan terkenal di Indonesia. Banyaknya investor yang terus menanamkan modal di Bukalapak menjadikan Bukalapak dapat bersaing dengan ecommerce lain di Indonesia.

Achmad Zacky telah berhasil mampu menunjukkannya dirinya sebagai seorang tokoh hebat yang membuat situs Bukalapak menjadi situs yang sangat diperhitungkan dan diperbincangkan. Kesuksesannya kini dalam mendirikan situs online Bukalapak bahkan telah membawanya masuk dalam daftar 10 Technopreneur under 30th yang sangat berpengaruh di Asia.

Comments

Popular posts from this blog

Biografi R.A Kartini dan Kiprahnya Sebagai Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

Biografi Ir Soekarno Secara Singkat dan Jelas