Biografi Albert Einstein Ilmuwan Terkenal Dunia Penemu Teori Relativitas


Biografi Albert Einstein Ilmuwan Terkenal Dunia Penemu Teori Relativitas merupakan sosok yang paling dikenal dunia sejak abad ini, banyak yang mencari dan ingin mengetahui kisah, profil maupun biografi singkat tentang Albert Einstein. beliau adalah seorang ahli ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar didalam abad ke-20 ini.

Beliau juga yang telah mengemukakan sebauh teori relativitas dan telah banyak menyumbang kepada beberapa bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika kosmologi, dan statistik. Einikstein juga merupakan pelaku dari terciptanya sebuah Bom terkuat di Dunia yaitu 'Bom Atom' yang telah membuat negara Jepang menyerah pada tahun 1945 silam.

Beliau juga dianugerahi sebuah Penghargaan Nobel dalam ilmu ahli Fisika sejak 1921 untuk beberapa penjelasannya tentang efek dari fotoelektrik dan "pengabdian beliai bagi Fisika Teoretis".

Setelah sebuah teori relativitas umum juga telah dirumuskan, Einstein semakin menjadi terkenal di seluruh dunia bahkan hingga pelosok negara , pencapaian beliau yang sangat tidak biasa bagi seorang ilmuwan pada masa abad ini. Di masa tuanya, beliau juga keterkenalannya melampaui ketenaran semua para ilmuwan yang ada di dalam sejarah, dan dalam budaya popular dan kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan menjadi sangat jenius.

Wajahnya juga merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. Pada tahun 1999, Einstein juga diberi julukan sebagai "Orang Abad Ini" oleh sebuah majalah (Time). Kepopulerannya pada abad ini  juga membuat seorang nama "Einstein" digunakan secara luas dalam beberapa iklan dan barang dagangan lain, dan akhirnya "Albert Einstein" didaftarkan sebagai salah satu merk dagang.

Untuk menghargai sebuah satuan dalam fotokimia dinamai Einstein oleh para ilmuan, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein pada masa itu.

Biografi dan Profil Albert Einstein

Einstein dilahirkan di Ulm di Württemberg, Jerman; sekitar 100 km sebelah timur Stuttgart. Bapaknya bernama Hermann Einstein, salah satu seorang penjual ranjang  dari bulu yang kemudian menjalani beberapa pekerjaan elektrokimia, dan ibunya bernama Pauline.

Mereka menikah di kota Stuttgart-Bad Cannstatt. Keluarga mereka juga merupakan keturunan Yahudi; Albert disekolahkan di sekolah Katholik dan atas keinginan ibunya dia diberi pelajaran biola. Pada masa umur lima, ayahn einstein menunjukkan kepada kompas kantung, dan Einstein telah menyadari bahwa sesuatu di ruang yang adalah "kosong" ini beraksi terhadap jarum di kompas yang ada pada waktu itu .

beliau kemudian juga menjelaskan pengalamannya sebagai salah satu kejadian yang paling menggugah dalam hidupnya. Meskipun beliau telah membuat sebuah model dan alat mekanik sebagai hobi, dia juga dianggap sebagai pelajar yang lambat, kemungkinan disebabkan oleh dyslexia, sifat pemalu, atau karena struktur yang jarang dan tidak biasa pada otaknya (diteliti setelah kematiannya).

Di waktu kecilnya seorang Albert Einstein juga nampak terbelakang oleh karena kemampuan bicaranya amat sangat terlambat. Wataknya juga lebih pendiam dan suka bermain seorang diri. Bulan November 1981 lahir adik perempuannya yang diberi nama Maja. Pada masa usia tujuh tahun Albert Einstein juga suka marah dan melempar barang, termasuk kepada adiknya.

Minat serta kecintaannya pada bidang ilmu fisika sudah muncul pada usia lima tahun. Ketika itu dia sedang terbaring lemah karena sakit, ayahnya juga menghadiahinya sebuah kompas pada saat itu. Albert kecil mulai terpesona oleh keajaiban kompas yang dia miliki, kemudian ia membulatkan tekadnya untuk mengungkap tabir misteri yang menyelimuti keagungan dan kebesaran alam yang dia lihat setiap hari.

Meskipun dia seorang yang pendiam dan tidak suka bermain dengan teman-temannya sebayanya, Albert Einstein tetap mampu meraih prestasi di sekolahnya. Raportnya selalu bagus dan ia selalu menjadi juara kelas. Selain bersekolah dan menggeluti ilmu sains, kegiatan sehari-hari Albert hanyalah bermain musik dan berduet dengan ibunya kandungnya dalam memainkan sebuah karya-karya Mozart dan Bethoveen.

Albert juga telah banyak menghabiskan masa kuliahnya di sekolah ETH (Eidgenoessische Technische Hochscule). Pada saat usia muda mulai memasuki 21 tahun Albert akhirnya telah dinyatakan lulus. Setelah lulus, Albert Einstein juga berusaha untuk melamar pekerjaan sebagai asisten dosen di salah satu kampus, tetapi dia selalu ditolak. Dan akhirnya pada waktu itu Albert juga berhasil mendapatkan pekerjaan sementara sebagai guru di SMA. Kemudian dia juga mendapat pekerjaan di salah satu kantor paten di kota Bern. Selama masa itu pula Albert tetap mengembangkan ilmu fisikanya yang disukainya.

Pada saat itu beliau juga mendapatkan penghargaan yang diberikan karena teori relativitasnya, karena kelambatannya ini, dan dia berkata dengan berpikir dalam tentang ruang dan waktu dari para anak-anak lainnya, dia juga mampu mengembangkan kepandaian yang lebih berkembang .

Pendapat lainnya yang telah berkembang belakangan ini, tentang sebuah perkembangan mentalnya adalah dia juga menderita Sindrom Asperger, sebuah kondisi yang berhubungan dengan kelainan autisme. Einstein juga mulai belajar dan menyukai matematika pada umur dua belas tahun.

Ada gosip bahwa beliau pernah gagal dalam pelajaran matematika dalam jenjang semasa pendidikannya, tetapi ini dinyatakan tidak benar, penggantian dalam sebuah penilaian membuat bingung.

Dua orang pamannya juga yang selalu membantu dan mendukungnya dia dalam mengembangkan ketertarikannya terhadap dunia intelek pada saat masa akhir kekanak-kanaknya dan awal remaja dengan memberikan beberapa usulan dan buku tentang ilmu sains dan pelajaran matematika.

Pada tahun 1894 silam, disebabkan sebuah kegagalan bisnis elektrokimia yang dilakoni oleh ayah kandungnya, Einstein akhirnya pindah mencari tempat tinggal yang baru dari Munich ke Pavia, Italia (dekat Milan). Albert tetap tinggal bersama sang keluarganya untuk menyelesaikan sekolah, pada saat menyelesaikan satu semester sebelum mulai bergabung kembali dengan keluarganya di Pavia.

Kegagalannya dalam mempelajari seni liberal dalam sebuah tes untuk masuk kampus Eidgenössische Technische Hochschule (Institut Teknologi Swiss Federal, di Zurich) pada tahun  depan berikutnya merupakan sebuah langkah yang ia rasakan mundur, dia dikirim oleh keluarganya ke Aarau, Swiss, untuk menyelesaikan sekolah menengahnya, di mana dia akhirnya menerima diploma pada tahun 1896.

Einstein beberapa kali mendaftar di Eidgenössische Technische Hochschule. Pada tahun berikutnya dia telah melepas status kewarganegaraan Württemberg, dan statusnya menjadi tak bekewarganegaraan.

Pada tahun 1898, Einstein mulai merasakan jatuh cinta kepada seorang anak bernama Mileva Maric, seorang wanita kelahiran Serbia yang merupakan teman dari sekelasnya pada saat dia sekolah (juga teman Nikola Tesla). Pada tahun 1900, dia telah diberikan gelar untuk mengajar oleh Eidgenössische Technische Hochschule dan diapun telah diterima sebagai warga negara Swiss pada tahun 1901.
Pada masa itu jugaEinstein selalu ingin berusaha mendiskusikan ketertarikannya terhadap ilmu sains fisika dan kimia kepada para teman-teman dekatnya, termasuk si Mileva sang istrinya sendiri. beliau dan sang istri Mileva juga sudah memiliki seorang anak perempuan yang dia beri nama Lieserl, lahir pada bulan Januari di tahun 1902. Lieserl, pada waktu itu juga dianggap tidak legal karena status orang tuanya yang tidak menikah.

Bekerja dan Bergelar Doktor

Pada saat kelulusannya Einstein tidak dapat menemukan pekerjaan mengajar, keterburuannya sebagai orang muda yang mudah membuat marah professornya. Ayah dari seorang teman dikelasnya menolongnya untuk mendapatkan satu pekerjaan sebagai asisten teknik pemeriksa di salah satu Kantor Paten di Swiss pada tahun 1902.

Di sana, Einstein juga menilai aplikasi paten penemu untuk alat yang memerlukan pengatahuan ilmu fisika. Dia juga telah belajar menyadari pentingnya sebuah aplikasi dibanding dengan penjelasan yang dia anggap buruk, dan mulai belajar dari direktur bagaimana "cara menjelaskan dirinya secara benar".

Dia juga kadang-kadang membetulkan karya desain mereka dan juga selalu mengevaluasi kepraktisan hasil kerja dari mereka. Einstein akhirnya juga telah menikahi Mileva pada tanggal 6 Januari 1903. Pernikahan Einstein dengan Mileva, seorang ahli matematikawan, adalah pendamping pribadi yang sangat kepandaian dalam berdiskusi.

Pada tanggal 14 Mei 1904, anak pertama dari pasangan, Mileva Maric dan Hans Albert Einstein, akhirnya telah lahir pada tahun 1904, posisi Einstein saat itu berada di Kantor Paten Swiss menjadi tetap. Dia juga sudah mendapatkan sebuah gelar doktor setelah menyerahkan thesis yang di buat dengan judul "Eine neue Bestimmung der Moleküldimensionen pada tahun 1905 dari Universitas Zürich.

Pada tahun 1905 adalah tahun-tahun yang penuh dengan prestasi bagi seorang Albert Einstein, karena pada tahun itu dia juga menghasilkan berbagai karya-karya yang dapat dibilang sangat cemerlang. Berikut adalah karya-karya tersebut:

Bulan Maret 1905 : paper tentang sebuah aplikasi ekipartisi pada suatu peristiwa radiasi, tulisan ini merupakan satu pengantar hipotesa kuantum cahaya dengan berdasarkan pada statistik Boltzmann. Penjelasan dari efek fotolistrik pada paper yang memberinya hadiah 


-pada Nobel pada tahun 1922.
-Bulan April 1905 : desertasi doktoralnya tentang penentuan baru ukuran-ukuran pada molekul. Einstein juga memperoleh gelar PhD-nya dari Universitas Zurich.
-Bulan Mei 1905 : papernya tentang gerak Brown.
-Bulan Juni 1905 : Papernya yang sangat tersohor, yaitu tentang sebuah teori relativitas khusus, yang dimuat Annalen der Physik dengan judul Zur Elektrodynamik bewegter Kerper (Elektrodinamika benda bergerak).
-Bulan September 1905 : kelanjutan papernya pada bulan Juni yang sampai pada sebuah kesimpulan rumus termahsyurnya : E = mc2, bahwa massa sebuah benda (m) ukuran kandungan energinya (E). c cepat cahaya ruang hampa (c >> 300 ribu km/second).

Massa juga memiliki kesetaraan dengan satu energi, sebuah fakta yang telah membuka sebuah peluang berkembangnya dari suatu proyek tenaga sebuah nuklir di kemudian hari. Satu gram massa dengan begitu demikian yang juga sudah setara dengan energi yang dapat memasok banyak kebutuhan listrik 3000 rumah (yang berdaya 900 watt) selama dalam setahun penuh, suatu jumlah energi yang sangat luar biasa besarnya.

Di tahun yang sama beliau juga menulis empat artikel yang sangat memberikan dasar ilmu fisika modern, tanpa banyak sastra sains yang dapat dia tunjuk atau banyak kolega dalam beberapa sains yang dapat ia diskusikan tentang teorinya.

Banyak juga para fisikawan yang telah setuju dengan ketiga thesis itu (tentang suatu gerak Brownian), efek dari fotoelektrik, dan relativitas spesial sangat berhak untuk mendapat sebuah Penghargaan Nobel. Tetapi hanya sebuah thesis tentang efek dari fotoelektrik yang lumayan banyak mendapatkan penghargaan tersebut.

Ini adalah sebuah ironi, bukan hanya karena Einstein lebih tahu banyak tentang relativitas, tetapi juga karena efek fotoelektrik adalah sebuah fenomena kuantum, dan Einstein menjadi terbebas dari jalan dalam teori kuantum.

Yang telah membuat thesisnya menjadi luar biasa adalah, didalam setiap kasus, Einstein sangat yakin mengambil ide-ide dari teori fisika ke konsekuensi logis dan akhirnya dia berhasil menjelaskan hasil dari eksperimen yang sangat membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Dia menyerahkan thesis-thesisnya ke "Annalen der Physik".

Mereka juga biasanya ditujukan kepada "Annus Mirabilis Papers" (bahasa Latin: Tahun luar biasa). Persatuan Ilmu Fisika Murni dan Aplikasi (IUPAP) akan merencanakan untuk merayakan 100 tahun publikasi pekerjaan Einstein pada tahun 1905 sebagai Tahun Fisika 2005.

Einstein dan Gerakan Brownian

Di artikel pertamanya di tahun 1905 bernama "On the Motion Required by the Molecular Kinetic Theory of Heat of Small Particles Suspended in a Stationary Liquid", mencakup penelitian tentang gerakan Brownian. Menggunakan beberapa teori kinetik pada cairan yang pada saat itu sangat kontroversial, dia juga menetapkan bahwa sebuah fenomena, yang masih sangat kurang penjelasan yang memuaskan setelah terlewat beberapa dekade setelah dia pertama kali diamati, memberikan beberapa bukti empirik (atas dasar pengamatan dan eksperimen) kenyataan pada atom.

Dan juga telah meminjamkan sebuah keyakinan pada mekanika statistika, yang pada waktu itu juga menjadi kontroversial. Sebelum thesis ini, atom juga dikenal sebagai konsep yang berguan, akan tetapi fisikawan dan kimiawan yang mulai berdebat dengan sengit apakah atom benar sesuatu benda yang nyata.

Diskusi statistik Einstein tentang kelakuan sebuah atom memberikan pelaku eksperimen sebuah cara bagaimana menghitung atom yang hanya dapat di melalui mikroskop biasa. Wilhelm Ostwald, seorang pemimpin sekolah anti-atom, kemudian memberitahu Arnold Sommerfeld bahwa ia telah berkonversi kepada penjelasan komplit Einstein tentang gerakan Brownian.

Tahun 1909, Albert Einstein diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Tahun 1915, ia menyelesaikan kedua teori relativitasnya. Penghargaan tertinggi yang didapat atas kerja kerasnya dari sejak kecil akhirnya terbayar dengan diraihnya Hadiah Nobel yang ia dapat pada tahun 1921 di bidang ilmu fisika. Selain itu Albert juga berusaha terus untuk mengembangkan teori kuantum dan teori medan menyatu.

Pada tahun 1933, Albert dan keluarganya akhirnya pindah ke Amerika Serikat karena khawatir dengan kegiatan ilmiahnya - baik sebagai pengajar ataupun sebagai peneliti mulai terganggu. Pada tahun 1941, ia mengucapkan sumpah sebagai warga negara Amerika Serikat.

Comments

Popular posts from this blog

Biografi R.A Kartini dan Kiprahnya Sebagai Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

Biografi Achmad Zaky CEO Bukalapak Orang Berpengaruh di Asia

Biografi Ir Soekarno Secara Singkat dan Jelas